Selasa, 16 Oktober 2012


ISU DUNIA TENTANG PENINDASAN ETNIS ROHINGYA
BY :AZHARI JUM’ATULLAH


Rohingya merupakan etnis minoritas muslim yang mendiami Provinsi Arakan di sisi sebelah barat laut Myanmar berbatasan dengan Bangladesh, yang saat ini dikenal dengan provinsi Rakhine/Rakhaing. Itu sebabnya Rohingya dikenal juga sebagai Muslim Arakan yang populasinya berjumlah lebih kurang 1.000.000 jiwa dan ratusan ribu lainnya hidup dalam pengungsian di berbagai Negara (Bangladesh, Pakistan, Jazirah Arab, Malaysia-Thailand-Indonesia, Australia). Sejak kemerdekaan negara Myanmar pada tahun 1948, Walaupun Masyarakat Muslim Minoritas. tapi, Mereka Mempunyai Pengaruh yang Kuat di berbagai bidang. Hal ini terbukti banyaknya orang islam yang menduduki jabatan penting di pemerintahan. Mereka Juga banyak Menguasai bidang perdagangan, Diplomatik, Administrasi, Budaya dan lainnya.
Rohingya terus menerus menjadi etnis yang tertindas dan tidak diakui sebagai bagian dari 136 etnis yang diakui di Myanmar. Padahal, berdasarkan catatan sejarah, sebagai etnis mereka telah berdiam di Arakan sejak abad 7 M. Alias jauh sebelum Negara Burma/ Myanmar berdiri pada tahun 1948.
Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan MUI, pokok permasalahan Rohingya juga menyangkut banyak masalah lainnya yang telah lama ada, seperti pembagian tanah (agraria), diskriminasi etnis dimana terdapat lebih dari 100 etnis di Myanmar yang pengakuannya berdasarkan rasa suka dan tidak suka pemerintah, dan politis yang dibawa ke banyak bidang. Satu hal yang paling penting adalah masalah penggelapan sejarah etnis Muslim Rohingya.
Menurut saya orang Rohingya telah mengalami penderitaan yang cukup panjang akibat pelanggaran HAM yang dilakukan Pemerintah junta Myanmar. Kebebasan gerak orang Rohingya sangat terbatas. Mereka juga mengalami berbagai bentuk kekerasan dan dikenakan pajak secara sewenang-wenang.
Seharusnya pemerintah Myanmar harus segera mengusut kasus ini,bukannya malah memperparah keadaan. Kalau kejadian seperti ini masih banyak terjadi, jangan salahkan jika umat islam di dunia berlaku keji juga terhadap suku minoritas (non islam ) di negaranya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar